WhatsApp

Bagi pengguna smartphone tentu sudah tidak asing lagi dengan nama WhatsApp yang merupakan plesetan dari frasa What’s Up, yang artinya dalam bahasa Indonesia menjadi Apa Kabar. WhatsApp dengan pengguna lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 180 negara merupakan sebuah aplikasi multi platform yang memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, kapan saja dan di mana saja. WhatsApp gratis dan menawarkan kemampuan mengirim pesan, melakukan panggilan telepon serta mengirim file dengan aman dan reliable.

WhatsApp didirikan oleh Jan koum dan Brian Acton yang telah menghabiskan waktu 20 tahun di Yahoo. WhatsApp bergabung dengan Facebook pada tahun 2014, tetapi terus beroperasi sebagai aplikasi yang terpisah dengan focus untuk membangun layanan bertukar pesan  yang bekerja dengan cepat dan reliable di manapun di seluruh dunia.

Seperti yang dikutip dari situs resmi WhatsApp mempunyai misi sebagai berikut:

“WhatsApp dimulai sebagai alternative untuk SMS. Produk Kami sekarang mendukung untuk mengirim dan menerima berbagai macam media: teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, juga panggilan suara. Pesan dan panggilan kami diamankan dengan enkripsi end-to-end yang berarti tidak ada pihak ketiga termasuk WhatsApp yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan Anda. Di Balik setiap keputusan produk terdapat keinginan kami agar orang-orang dapat berkomunikasi di mana pun di seluruh dunia tanpa batasan.”

Berikut beberapa fitur yang ada pada WhatsApp:

Pesan, Kirim pesan ke teman dan keluarga secara gratis, anda hanya perlu membayar biaya paket data internet untuk menggunakan WhatsApp.

 

Chat Group, anda dapat membagiakan pesan, foto, dan video hingga 256 orang sekaligus, anda juga dapat member nama group,membisukan, atau menyesuaikan pemberitahuan, dan masih banyak lagi.

 

Desktop dan WEB, anda dapat dengan lancer menyinkronkan semua chat ke computer anda agar anda dapat chat pada perangkat apapun yang paling nyaman untuk anda.

 

Panggilan Suara dan Video,  anda dapat berbicara dengan teman dan keluarga secara gratis, anda hanya perlu membayar paket data internet, bahkan jika mereka berada di Negara lain. Dan dengan panggilan video anda dapat melakukan peercakapan tatap muka saat suara atau teks saja tidak cukup. Pangilan suara dan video WhatsApp menggunakan koneksi internet telepon, bukan dengan menit panggilan paket seluler anda, jadi anda tidak perlu khawatir akan biaya pangilan yang mahal.

 

Enkripsi End-to-End, Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan anda diamankan, jadi hanya anda dan orang yang berkomunikasi dengan anda saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp.

 

Foto dan Video, dengan WhatsApp, foto dan video akan dikirim dengan cepat meskipun anda sedang berada dalam koneksi yang lambat.

 

Sharing Dokumen,  mengirim PDF, Dokumen, Spreadsheet, Slideshow, dan masih banyak lagi tanpa repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file. Anda dapat mengirim dokumen dengan ukuran hingga 100 MB yang akan memudahkan anda untuk membagikan hal yang anda perlu bagikan ke orang yang anda inginkan.

 

Pesan Suara,  Kadangkala suara anda dapat mengatakan segalanya. Hanya dengan satu ketukan anda dapat merekam pesan suara sempurna untuk hanya menyapa ataupun bercerita panjang.

Enkripsi End-to-end yang digunakan WhatsApp memastikan bahwa hanya anda dan orang yang berkomunikasi dengan anda sajalah yang dapat membaca apa yang telah dikirimkan, dan tidak ada orang lain diantara anda, bahkan WhatsApp. Hal ini karena pesan – pesan anda diamankan dengan sebuah kunci, dan hanya penerima dan anda saja yang memiliki kunci special yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan-pesan anda. Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang anda kirimkan memiliki kunci yang unik. Semua hal initerjadi secara otomatis: tidak pelu mengaktifkan pengaturan tertentu atau menyiapkan sebuah chat special yang bersifat rahasia untuk mengamankan pesan-pesan anda.

Panggilan WhatsApp memampukan anda untuk berbicara dengan teman-teman dan keluarga anda, bahkan jika mereka berada di Negara lain. Samahalnya dengan pesan-pesan anda, panggilan WhatsApp anda juga terenkripsi secara end-to-end sehingga WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat mendengarkannya.

Whatsapp tidak menyimpan pesan-pesan anda di server sesudah WhatsApp mengirimkan pesannya, dan enkripsi end-to-end berarti WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat membacanya pula.

WhatsApp memampukan anda untuk memeriksa apakah panggilan yang anda lakukan dan pesan-pesan yang anda kirimkan terenkripsi secara end-to-end dengan indicator   di halaman info kontak atau info group.

Jika anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang enkripsi end-to-end yang digunakan WhatsApp yang dikembangkan dalam kolaborasi dengan Open Whisper Systems silahkan klik disini.

(Average rating 0 on 0 rating)