Pengertian Registry

Registry merupakan sebuah database tempat untuk menyimpan konfigurasi / setingan computer. Registry berisi informasi / konfigurasi yang dibutuhkan oleh windows xp / system operasi selama komputer beroperasi, seperti:

1. Profil setiap user account.

2. Program aplikasi yang terinstall pada computer dan setiap jenis file / dokumen yang bisa dibuat.

3. Konfigurasi untuk folder dan icon aplikasi.

4. Hardware yang terpasang pada computer.

5. Port yang sedang digunakan dan sedang tidak digunakan,dll.

Anda bisa mengubah tampilan bahkan cara kerja system operasi dengan cara mengedit, menambahkan atau menghapus registry. Namun anda harus berhati – hati ketika anda ingin mengedit registry ini  karena  bisa mengakibatkan system operasi tidak berjalan dengan baik atau error. Registry merupakan faktor penentu bagaimana system operasi bekerja. 

Struktur registry hampir mirip seperti pada struktur berkas, berbentuk hirarki. Sebagai contoh: 

[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]

Yang berarti, kita sedang membuka subkey dengan nama desktop yang terdapat pada key dengan nama Control Panel dan yang terdapat pada subtree dengan nama HKEY_CURRENT_USER atau biasa disingkat HKCU dan My Computer merupakan root direktori atau root registry. Sedangkan tulisan wallpaper yang sedang dipilih merupakan salah satu contoh sebuah value. Value terdiri dari value name dan value data. Kita ambil contoh value wallpaper pada gambar diatas memiliki value name = Wallpaper dan value data = C:\Documents and Settings\xuser\Local Settings\Application Data\Microsoft\Wallpaper1.bmp  seperti gambar berikut. Untuk mengedit Value data cukup double klik pada value yang akan diedit atau bisa dengan cara klik kanan pada value yang akan diedit kemudian klik modify...

HKEY merupakan singkatan dari "Handle to Key".

Berikut beberapa subtree pada registry windows:

1. HKEY_LOCAL_MACHINE disingkat jadi HKLM, merupakan sebuat tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang berhubungan dengan system computer, yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Diaplikasikan kepada semua pengguna / user.

2. HKEY_CURRENT_USER disingkat jadi KHCU, merupakan sebuat tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang dimiliki oleh pengguna / user yang sedang logon. Menyimpan informasi mengenai konfigurasi preferensi user (konfigurasi desktop, warna, dan konfigurasi lainnya).

3. HKEY_USERS, disingkat jadi HKU, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi setiap pengguna/user yang terdaftar di dalam computer. Setiap subkey ini diidentifikasikan dengan menggunakan nomor security identifier (SID) yang dimiliki oleh pengguna/user. Ketika pengguna melakukan logon, SID yang cocok akan dimuat ke dalam subtree HKEY_CURRENT_USER.

4. HKEY_CLASSES_ROOT, Disingkat jadi HKCR, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi asosiasi / pemetaan ekstensi sebuat berkas atau objek Object Linking and Embedding (OLE) dengan aplikasi yang dapat menanganinya. Sebagai contoh, berkas berkstensi .txt akan ditangani oleh aplikasi editor teks seperti notepad dan masih banyak lainnya.

5. HKEY_CURRENT_CONFIG, disingkat jadi HKCC, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan saat itu, yang diperoleh pada saat proses booting dilakukan. Informasi yang disimpan di sini bersifat volatil dan tidak disimpan secara permanen ke dalam berkas penampung registry, tetapi akan selalu dibuat setiap kali proses booting dilakukan.

6. HKEY_DYN_DATA, yang hanya terdapat di dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, merupakan tempat penyimpanan konfigurasi dinamis untuk semua perangkat keras plug-and-play. Tidak ada padanannya dalam Windows NT, tetapi dalam Windows NT 5.x, terdapat sebuah anak pohon HKEY_PERFORMANCE_DATA, yang hanya digunakan untuk mengumpulkan informasi performance counter Windows 2000, mengingat semua konfigurasi perangkat keras disimpan di dalam HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\.

 Jenis – jenis value pada registry windows

REG_NONE, yang merupakan sebuah jenis data registry yang tidak didefinisikan sebelumnya. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x00.

REG_SZ, merupakan jenis data teks (string) dengan panjang yang tetap (fixed-length string). Semua sistem operasi 32-bit Windows (Windows NT dan Windows 9x) mendukung jenis data registry ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x01.

REG_EXPAND_SZ, merupakan jenis data teks/string yang dapat diekspansi. Windows 9x tidak memiliki jenis data ini. Diperlukan editor registry khusus (regedt32.exe) untuk menangani jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x02.

REG_BINARY, merupakan jenis data biner, yang dapat berarti macam-macam (bisa berupa teks/string, atau bilangan). Semua sistem operasi 32-bit Windows (Windows NT dan Windows 9x) mendukung jenis data registry ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x03.

REG_DWORD, merupakan jenis data angka 32-bit. Semua sistem operasi 32-bit Windows (Windows NT dan Windows 9x) mendukung jenis data registry ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x04. Terdapat dua jenis implementasi dari jenis data ini, yakni:

REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN, yang merupakan jenis data REG_DWORD default dalam Windows NT yang dijalankan di atas prosesor Intel x86/x64. Jenis data ini berukuran 32-bit yang disusun dengan menggunakan format little-endian. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x05.

REG_DWORD_BIG_ENDIAN, yang merupakan jenis data REG_DWORD yang berukuran 32-bit yang disusun dengan menggunakan format big-endian. Jenis data ini hanya dapat didukung oleh Windows NT yang dijalankan di atas mesin DEC Alpha, MIPS, atau IBM PowerPC, yang memang menggunakan format bilangan big-endian. Windows NT 5.x yang hanya dapat berjalan di atas sistem x86 tidak menangani jenis data ini (terdapat limitasi pada mikroprosesor), meskipun Windows NT 5.x mendukungnya. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x06.

REG_MULTI_SZ, merupakan jenis data teks/string yang memiliki banyak baris yang dipisahkan dengan dua buah karakter null (0x00). Windows 9x tidak memiliki jenis data ini.Diperlukan editor registry khusus (regedt32.exe) untuk menangani jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x07.

REG_LINK, yang merupakan symbolic link ke sebuah objek Windows NT dalam ruang nama/namespace objek Windows NT (yang diatur oleh Object Manager Windows NT). Registry Editor default bawaan Windows (regedit.exe, regedt32.exe, dan utilitas command-line reg.exe) tidak dapat menyunting jenis ini. Jenis data ini digunakan secara internal oleh Windows NT saja, dan tidak digunakan oleh aplikasi. Registry dalam Windows 9x tidak memiliki jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x08.

REG_RESOURCE_LIST (Windows NT) atau REG_FULL_RESOURCE_DESCRIPTOR, yang merupakan jenis data registry yang hanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi perangkat keras dan driver-nya yang terinstalasi di atas sistem operasi Windows NT. Registry dalam Windows 9x tidak memiliki jenis data ini. Jenis data ini adalah kumpulan larik (array) yang digunakan untuk menyimpan daftar sumber daya (interupsi perangkat keras, Direct Memory Access (DMA), I/O range dan memory range) yang digunakan oleh komponen perangkat keras atau driver. Dibutuhkan registry editor khusus (regedt32.exe) untuk menyunting value dengan jenis data ini. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x09.  

REG_QWORD, merupakan jenis data angka yang memiliki panjang 64-bit. Jenis data ini hanya terdapat di dalam sistem prosesor 64-bit saja, semacam DEC Alpha, IA-64, atau x64. Jenis data ini secara internal menggunakan tanda pengenal (identifier) 0x12. Sama seperti halnya REG_DWORD, REG_QWORD juga terdapat dua jenis implementasi, yakni little-endian (REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN, dengan identifier 0x13) dan big-endian (REG_QWORD_BIG_ENDIAN, dengan identifier 0x14), meskipun secara defaultformat yang digunakan adalah REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN. Diperlukan editor khusus untuk menyunting jenis data ini.

Jenis data

Identifier

Keterangan

REG_NONE

0x00

Jenis data belum ditentukan

REG_SZ

0x01

Teks/string berukuran tetap

REG_EXPAND_SZ

0x02

Teks/string yang dapat berubah-ubah.

REG_BINARY

0x03

Jenis data biner (dapat berupa apa saja)

REG_DWORD

0x04

Jenis data bilangan dengan ukuran 32-bit

REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN

0x05

Jenis data bilangan dengan ukuran 32-bit, dengan format little-endian. Dalam Windows NT 5.x, sama saja dengan REG_DWORD biasa.

REG_DWORD_BIG_ENDIAN

0x06

Jenis data bilangan dengan ukuran 32-bit, dengan format big-endian.

REG_MULTI_SZ

0x07

Jenis data teks/string dengan banyak baris yang dipisahkan dengan dua karakter null (0x00).

REG_LINK

0x08

Symbolic link dengan menggunakan format Unicode ke sebuah objek dalam Windows NT Object Manager.

REG_RESOURCE_LIST

0x09

Digunakan untuk menampung sumber daya perangkat keras.

REG_FULL_RESOURCE_DESCRIPTOR

0x10

Digunakan untuk menampung sumber daya perangkat keras.

REG_RESOURCE_REQUIREMENTS_LIST

0x11

Digunakan untuk menampung kebutuhan sumber daya perangkat keras.

REG_QWORD

0x12

Jenis data bilangan dengan ukuran 64-bit.

REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN

0x13

Jenis data bilangan dengan ukuran 64-bit, dengan menggunakan format little-endian.

REG_QWORD_BIG_ENDIAN

0x14

Jenis data bilangan dengan ukuran 64-bit, dengan menggunakan format big-endian.

Sekian untuk artikel pengenalan registry windows kali ini. Untuk cara bagaimana mengubah registry dan trik – trik seputar registry windows xp akan dijelaskan pada postingan selanjutnya.

Referensi:

Help Topics  regedit – windows xp

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Registry 

(Average rating 0 on 0 rating)